Bangkok Vs. Pattaya

Rupanya jalan-jalan ke Thailand rasanya kurang lengkap kalo belum ke Pattaya. Jarak dari Bangkok ke Pattaya dapat ditempuh hanya dengan 2-3 jam saja, layaknya perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Kalau di Bangkok itu pastinya sudah terkenal dengan shopping, di Pattaya pusatnya adalah pantai. Maka dari itu banyak yang membandingkan Pattaya dengan Bali karena bentuk-bentuk tata kota-nya sering mengingatkan kita pada Kuta yang dimana banyak pub dan hotel di pinggiran pantai. Sebagian orang kurang suka dan rada menyesal jalan-jalan ke Pattaya dengan berbagai alasan. Banyak yang mengatakan bahwa di Pattaya tidak ada apa2, kebanyakan pub dan cafe-cafe, makanannya pun mahal.

Saya pribadi sih cukup suka dengan Pattaya. Ada beberapa tempat hiburan yang menarik yang hanya ada di Pattaya dan berikut alasan saya lebih suka dengan Pattaya…

  1. Jalanan di Pattaya lebih lebar dan tidak ada macet seperti di Bangkok. Mau pergi kemanapun di kota Bangkok pasti macet dimana-mana layaknya di Jakarta. Tetapi lain hal kalau di Pattaya agak lebih kosong dan mau pergi kemana-mana lebih hemat waktu.
  2. Kota Pattaya jauh lebih bersih daripada Bangkok. Mungkin karena Pattaya sudah sangat terkenal di kalangan International, sehingga kota Pattaya benar-benar seperti kota tourist yang cukup dijaga kebersihannya.
  3. Siapa bilang makanan di Pattaya mahal? di dekat hotel kami ada banyak street food vendor yang harganya sama dengan di Bangkok. Lain cerita kalau kalian masuk ke restoran seafood besar, itu pasti mahal.
  4. Kalau di Bangkok hanya ada 7-eleven, di Pattaya juga ada Family Mart. Jadi kalian bisa pilih mau ke Family Mart or 7-eleven. Saya pribadi sih lebih suka Family Mart karena lebih sedikit besar dan nyaman.
  5. Tuk-Tuk akan banyak kalian temukan di Bangkok, tetapi kalau di Pattaya namanya Songtaew. Songtaew itu seperti minibus yang terbuka, jadi bisa mengakut kurang lebih 10 orang dalam saat yang bersamaan. Ya kaya angkot lah, tapi bedanya kalo di Pattaya mereka modifikasi dari mobil pick-up terbuka. Kalau kita mau turun kita tinggal pencet bel di atas kepala kita dan supir akan tahu kalau ada penumpang yang mau turun. Sekali naik Songtaew hanya bayar 10B per orangnya karena jarak tempuh Songtaew juga tidak terlalu jauh seperti Taxi yang bisa kita ajak muter kemana-mana. Songtaew hanya mengelilingi daerah pusat keramaian. Kalau kalian tidak yakin Songtaew tersebut akan melewati daerah yang kalian ingin tuju apa tidak, tanyakan saja dahulu ke supirnya, tapi jangan mau kalau di charge lebih dari 10B per orang 😀
  6. Kalau kalian stay cukup lama di Pattaya ada banyak tempat motor rental yang kalian bisa gunakan untuk travelling sekitar Pattaya kalau mau lebih independen. Kami sih belum sempat coba jadi belum tahu berapa harga sewa-nya.

Kalau saya boleh sotoy sedikit nih yaa, kunci untuk menikmati Pattaya adalah memilih hotel yang bagus di lokasi pusat keramaian. Saya dan sekeluarga menginap di Siam@Siam Design Hotel Pattaya dan di sekitar hotel banyak tempat makan pinggir jalan layaknya di Bangkok dan dekat akses untuk ke Pantai juga. Hotelnya menarik dan ada double deck rooftop poolnya juga, jadi seru banget bisa berenang dari ketinggian layaknya di Marina Bay Singapore. Sepertinya hotel Siam@Siam satu-satunya hotel yang punya rooftop pool di Pattaya. Silahkan cek di website mereka kalau kalian tertarik untuk stay di Pattaya, karena hotelnya recommended banget sih 😀

Untuk mau tau lebih banyak apa aja rekomendasi destinasi hiburan di Pattaya silahkan lanjut ke sini yaa..

Happy travelling monkeys!!

Leave a comment